Pemanfaatan Ruang Sisa Pada Rumah

        



Setiap rumah hunian pastinya memiliki sebuah ruangan, dari ruang tamu hingga dapur ataupun kamar mandi. Pada setiap ruangan tersebut kita pasti menemui suatu ruangan yang kosong, entah itu berada di pojok ruangan, di pinggir tengah ruangan bahkan pada dinding yang memiliki space yang kosong. Berikut saya akan memaparkan tips dalam pemilihan bahan untuk dipakai, tempat-tempat yang bisa dipakai serta beberapa contoh desain memanfaatkan ruangan sisa. 

Pertama ini adalah beberapa tips dalam memilih bahan furniture

1. Menyesuaikan dengan furniture sebelumnya/yang sudah ada

Salah satu keindahan di dalam rumah adalah penyesuaian interior rumah dengan furniture yang akan dipakai. Misalnya pada tembok ruangan memiliki warna cat putih, maka beberapa furnniture menggunakan warna yang condong ke gelap dan warna yang santai, misal coklat kayu, hitam. Maka dari itu penyesuaian dari model furnitur, pilihan warna, hingga material yang digunakan sangat menentukan keindahan ruangan tersebut.

Misalnya, sisa ruangan yang ingin dimanfaatkan adalah ruangan kecil di bawah tangga menjadi lemari buku. Jadi, apabila ruangan tersebut didominasi oleh furnitur kayu, maka lemari yang akan ditambah pada ruang sisa sebaiknya menggunakan material kayu dengan finishing cat yang sama. Selain itu pemilihan furnitur juga harus bisa tahan dari terpaan musim dan cuaca supaya bisa tahan lebih lama.

2. Pemilihan warna

Pemilihan warna yang sesuai pada suatu ruangan dapat mempengaruhi psikolog pemilik rumah, maka dari itu hal ini sangatlah penting. Perpaduan komposisi warna yang tepat, mampu menstimulasi, menenangkan, menentramkan, dan menjernihkan pikiran pemilik rumah. Maka dari itu perpaduan warna yang baik akan menghasilkan keharmonisan untuk peningkatan kualitas kesehatan rumah mapun penghuninya.

Hal tersebut sangat penting untuk diterapkan pada ruang sisa di rumah. Namun, sebaiknya disesuaikan dengan keseluruhan interior ruang yang ada di dalam rumah tersebut.



3. Pemilihan material

Ketika memilih material yang akan digunakan, sebaiknya juga mempertimbangkan fungsi dan peruntukan ruang sisa itu sendiri digunakan untuk apa. Karena hal tersebut adalah faktor utama pada sebuah bangunan yaitu mengenai sistem perencanaan agar bangunan bisa berdiri kokoh.

Itulah beberapa tips pemilihan dalam merencanakan pemanfaatan ruangan sisa.

Selanjutnya adalah beberapa tempat strategis di dalam rumah yang bisa dimanfaatkan menjadi tempat yang berguna, yaitu : 

1. Sudut Ruangan

Setiap ruangan pastinya memiliki sudut, biasanya pada setiap sudut ruangan ini jarang dimanfaatkan oleh masyarakat umum, padahal kita bisa memanfatkannya menjadi sebuah rak buku yang siku serta mejadi tempat baca, menjadi tempat untuk meletakkan tanaman-tanaman kecil, supaya dalam ruangan ada unsur alamnya. Bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat belajar.



2. Dinding kosong/polos

Pada tempat ini bisa kita manfaatkan menjadi sebuah dinding galeriatau gallery wall. Pada tempat ini bisa kita isi dengan aneka poster dekoratif hingga foto-foto kenangan keluarga, semua bisa dipajang di gallery wall ini. Bisa juga dimanfaatkan sebagai tempat tanaman hias yang menempel pada dinding.



3. Ruang bawah tangga

Tempat ini sering dijumpai tidak dimanfaatkan oleh pemilik rumah padahal tempat ini bisa dimanfaatkan menjadi ruang yang berguna, misalnya tempat rak buku ataupun bisa menjadi rak untuk barang hiasan, seperti vas, tanaman, dan lain-lain. Bisa juga pada tempat ini dimanfaatkan menjadi ruang baca yang kecil. Sering juga pada bawah tangga dimanfaatkan menjadi sebuah kamar mandi, tetapi hal ini harus sudah direncanakan dari awal pembangunan rumah.


4. Ruang di dekat jendela

Seperti halnya pada suatu ruangan pasti memiliki jendela, pada tempat ini bisa kita manfaatkan menjadi tempat untuk membaca yang memiliki view pemandangan diluar rumah, atau dijadikan tempat santai yang diberi sofa dan meja kecil.

 


5. Loteng/langit-langit

Tempat ini biasanya jarang ditemukan pada bangunan di Indonesia, teapi apabila ruangan ini ada dalam desain rumahmu maka bisa dimanfaatkan menjadi area yang dapat digunakan untuk meletakkan barang, bersantai, bahkan bisa menjadi sebuah kantor kecil di dalam rumah atau melakukan aktifitas lainnya, bisa juga menjadi kamar tidur yang kecil.



Itu adalah beberapa tips dan sisa ruang yang bisa kita manfaatkan untuk menjadi tempat yang berguna. Semoga tulisan di atas bermanfaat, jangan lupa share ya, terima kasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna ornamen pada Pendopo Manggala Parasamya II Pemda Bantul

Masjid Gedhe Kauman, Masjid yang menjadi Simbol Budaya Yogyakarta